Saat ini mendaki gunung sudah menjadi tren. Banyak yang melakukan kegiatan tersebut dan kebanyakan mereka baru pertama kali mendaki gunung atau juga di sebut pemula. Berikut ini 5 tips untuk para pendaki pemula:

Menentukan destinasi pendakian

Untuk pemula lebih baik memilih yang mempunyai trek pendek/yang mempunyai banyak sumber air. Sebagai contoh gunung Papandayan. Treknya yang tidak terlalu curam dan masih terdapat banyak sumber air bisa menjadi salah satu destinasi pilihan untuk mendaki.

Persiapan alat untuk pendakian

a. Tas Carrier

Tas Carrier
Tas Carrier jadi barang yang wajib dimiliki pendaki. Photo by @austinban

Ini adalah perlengkapan wajib bagi para pendaki untuk membawa peralatan mendaki dan bahan logistic. Apabila belum mempunyai tas, disarankan meminjam ke teman atau penyewaan. Untuk para pemula biasanya di anjurkan untuk memakai tas bervolume 40-50 liter. Tetapi jika memang merasa mempunyai fisik yang kuat maka membawa 60 liter ke atas.

b. Sleeping Bag (SB), Matras dan Tenda

Tenda
Tenda jadi salah satu barang yang wajib dibawa oleh pendaki. Photo by Pexels

Sleeping Bag, Matras, dan Tenda merupakan perlengkapan tidur bagi para pendaki. Bagi para pendaki di usahakan membawa masing-masing sleeping bag nya, gunanya untuk menghangatkan badan saat tidur. Untuk tenda biasanya yang membawa yaitu anggota kelompok yang sudah berpengalaman, maupun yang mempunyai fisik kuat, karena berat tenda agak lumayan sehingga bagi para pemula belum dianjurkan, namun jika merasa mempunyai fisik yang kuat, boleh saja untuk mencobanya. Tenda merupakan perlengkapan bersama/kelompok. Matras adalah alas (bias di bilang sejenis tikar) yang digunakan di dalam tenda, maupun di luar tenda.

c. Sepatu hiking, Jaket dan Jas hujan

Sepatu hiking
Sepatu hiking mempermudahmu dalam mendaki gunung. Photo by @Neonbrand

Sepatu cukup penting untuk melindungi kaki pendaki dari benda tajam maupun untuk menghangatkan kaki, namun jika masih belum mempunyai sepatu gunung/hiking atau belum bisa meminjam, kalian bisa menggunakan sepatu sandal. Dianjurkan juga untuk tetap memakai kaos kaki. Jaket untuk menghangatkan badan kalian dari dinginnya cuaca pegunungan. Namun tidak dianjurkan untuk memakai jaket berbahan jeans, dikarenakan jaket berbahan jeans jika terkena air/basah lama keringnya. Jas hujan tentu untuk mengantisipasi apabila jika terjadi hujan.

d. Perlengkapan masak dan makan

Perlengkapan masak dan makan yaitu nesting, kompor portable, gelas, piring dan sendok garpu. Untuk gelas dan piring di usahakan gelas/piring plastik atau stainless.

Menyiapkan fisik untuk pendakian

persiapan fisik untuk mendaki gunung.
Pentingnya menyiapkan fisik sebelum mendaki gunung. Photo by @stage7photography

Untuk yang jarang olahraga tetapi ingin mendaki gunung, sering-sering lah untuk berolahraga walaupun olahraga ringan, itu berguna agar fisik kalian sehat untuk pendakian.

Menyiapkan logistik (makanan dan air untuk pendakian) yang cukup

Hal ini penting sekali, membawa makanan dan air yang cukup untuk pendakian, sesuai trek dan sesuai lama pendakian. Jika ceroboh dalam menentukan bahan logistik yang di bawa, kalian bisa kelaparan dan kehasuan saat pendakian, ya walaupun bisa meminta ke pendaki lain, namun kalian juga harus tetap memperhatikan hal ini.

Demikian yang bisa saya infokan tentang tips bagi pendaki pemula, semoga bermanfaat bagi kalian yang membacanya, selamat mendaki! Semoga pendakian kalian sukses!